LDKR (Latihan Dakwah Kepemimpinan Rohis)

LDKR (Latihan Kepemimpinan Dakwah Rohis) adalah kegiatan yang dilakukan oleh GPRS (Gerakan Pemuda Rohis Smapa) dengan mengusung tema ‘Be The Best Islam Generation’ yang  dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 16 – 17 September 2022 “Tujuan diadakan LDKR ini yang pertama meningkatkan keimanan dan ketakwaan diantara peserta LDKR, yang kedua sebagai mempupuk tali ukhuwah islamiyah atau tali silaturahmi, yang ketiga itu sebagai penambahan skill untuk anak anak bagaimana berorganisasi dan bagaimana memimpin, dan yang keempat adalah pembentukan karakter atau akhlak mereka agar lebih baik lagi.” Ungkap Bu Siti Alwiyah selaku guru PAI dan pembina LDKR SMA N 4 Kota Magelang.

Penyampaian Materi di Aula

Pada hari Jumat, 16 September 2022 kegiatan dipusatkan di gedung Aula Penambahan Senopati untuk penyampaian materi LDKR. Setelah sebelumnya melakukan registrasi di pintu masuk aula, para peserta LDKR melakukan apel pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Ibu Kepala Sekolah, Dra. Sri Narti, M.Pd. Dilanjut dengan pemberian materi yang pertama yaitu tentang dakwah bersama Ust. Faisal dan materi yang kedua bersama Bu Sri Haryani S.Pd membahas tentang kesekretariatan. Memasuki waktu isoma, para peserta, panitia, serta pembina melakukan sholat dzuhur berjamaah di Masjid Al-Ikhlas. Pemberian materi yang ketiga adalah keorganisasian bersama Bu Alwiyah dan dilanjut dengan materi pengelolaan keuangan. Agar peserta tidak bosan dan sembari menunggu waktu sholat ashar, diadakan games yang di pandu oleh alumni alumni GPRS yang menyempatkan hadir pada LDKR kali ini. Untuk shalat ashar, peseta diminta kembali ke gedung barat sesuai dengan kelompok agar lebih tertib. Tak lupa peserta LDKR juga melakukan tadarus pada malam hari. Materi kelima tentang kepemimpinan dilaksanakan setelah shalat isya bersama dengan Ust. Maulana Choirul Aziz. Setelahnya peserta diijinkan beristirahat, peserta LDKR tidur di ruang ruang kelas.

Kegiatan Senam di Lapangan

Di hari Sabtu, 17 September 2022 dini hari para peserta sudah melakukan qiyamullail atau amalan salat sunnah, didampingi oleh pembina, dilanjut dengan salat subuh berjamaah. Sekitar pukul 06.00 peserta telah berbaris rapi di lapangan timur SMA N 4 Magelang untuk senam pagi bersama, peserta menirukan gerakan Senam Maumere dan Senam Seribu dengan semangat. Kemudian peserta diarahkan bergabung bersama kelompok yang telah dibagi untuk melaksanakan outbound, banyak games yang disiapkan oleh panitia seperti pecah balon, sambung kata, dan lain lain. “Momen yang paling berkesan pas LDKR adalah waktu basah basahan. Kesan dan pesan untuk rohis kedepannya semoga tambah sukses, tambah nyenengin lagi waktu LDKR, dan semoga silaturahminya tetap terjaga” tutur Indarrahmani selaku peserta LDKR. Kegiatan diakhiri dengan upacara penutup dan foto bersama. “Harapan Latihan Dakwah Kepemimpinan Rohis tahun ini sesuai dengan tema yang kita usung yaitu Be The Best Islam Generation adalah agar anggota rohis memiliki jiwa kepemimpinan, saling tolong menolong, semangat berorganisasi, memiliki sikap percaya diri, memberi bekal untik mensyiarkan dakwah di lingkungan sekolah, serta mempererat ukhuwah islam di SMAPA. Alhamdulillah semua panitia dapat kompak mengerjakan semua job sesuai yang sudah diatur sebelumnya dan kegiatan LDKR tahun ini dapat berjalan dengan lancar.” harap Khansa Aulia Khoirunisa, ketua panita LDKR.

Galeri Foto
Perikanan SMAPA Panen Lele
Sampah adalah Harta yang Terpendam
Kerja Bakti Siswa SMAN 4 Magelang
Upacara Hari Kartini di SMAN 4 Magelang
Momen Serah Terima Jabatan OSIS
Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS
Dukungan Admin

Support Admin

SMAN 4 Magelang