FESTIVAL SENI ISLAM (FSI)

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momen peringatan hari kelahiran Nabi yang jatuh pada 12 Rabiul Awal di Tahun Gajah. Banyak umat muslim yang memperingatinya sebagai wujud rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi di Indonesia sendiri mulai berkembang di masa Wali Songo atau sekitar tahun 1404 masehi. Perayaan Maulid Nabi ini tak hanya dilakukan di Indonesia, namun juga dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia.

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Tahun 1444 H, Rohis SMAN 4 Magelang mengadakan FSI (Festival Seni Islam) yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober 2022.Tujuan dari diadakan kegiatan FSI ini, selain untuk memperingati maulid nabi, juga sebagai sarana bagi siswa siswi SMAN 4 Magelang untuk meningkatkan kreativitasnya melalui berbagai lomba yang telah diadakan, mempererat ukhuwah Islamiyah, serta mempererat tali silaturahmi di antara siswa siswi SMAN 4 Magelang.

  1. Lomba Tartil

Dalam perlombaan ini, akan diuji secara acak antara juz 1 hingga 10, dengan durasi 5 sampai 7 menit. Tartil berarti membaca Al-Qur`an dengan pelan, jelas, tepat makhrajnya, dan benar tajwidnya. Setelah semua peserta diuji di Masjid Al-Ikhlas pada tanggal 20 Oktober, diperoleh juara 1 yaitu Nabilla Balqis Az-Zahra dari kelas X-4, juara 2 yaitu Adesta Farid Maulana dari kelas XI MIPA 3, juara 3 Izaz Mumtasyarif dari kelas XI MIPA 2, juara harapan 1 yaitu Putri Tsabita dari kelas X-7, juara harapan 2 yaitu Muhammad Nadhif Alam dari kelas X-1, dan juara harapan 3 yaitu Amira Aisya Yasmin dari kelas X-6.

2. Lomba Poster

Dilaksanakan di ruang Seni pada 20 Oktober dengan tema yang ditentukan juri, yaitu “dakwah”. Peserta diberi waktu selama 180 menit. Peserta diberi kertas oleh panitia sebagai media pembuatan poster, sedangkan untuk peralatan menggambar dan mewarnai dipersilakan membawa peralatan milik sendiri agar sesuai dengan kebutuhan. Juara 1 diraih oleh Reno Dwi dari kelas X-6, juara 2 oleh Rafid Maulana Yusuf dari kelas XI MIPA 2, juara 3 oleh Rindha Tri Agustin Salwa dari kelas XI MIPA 1, juara harapan 1 oleh Reviana dari kelas XI IPS 3, juara harapan 2 oleh Karin Bunga dari kelas X-1, dan juara 3 oleh Luqman Fathi Hakim dari kelas X-9.

3. Lomba Kultum

Ada beberapa tema yang ditawarkan di lomba kultum. Aqidah atau Keimanan, Ibadah, Muamalah, ataupun Qissah. Peserta bebas memilih tema, boleh juga didapat dari kesepakatan kelas. Durasi kultum berkisar antara 5 sampai 7 menit. Lomba dilaksanakan di ruang Audio Visual. Dan peraih juara pertama yaitu Amallia Lovyna, juara 2 yaitu Jannatul Firdaus, Nawang Wulan, juara 3 yaitu Assyifa Zalfa Azzahra, juara harapan 1 yaitu Vera Calista Agasthi, juara harapan 2 yaitu Nisrina Dhiya Ulhaq, dan juara harapan 3 yaitu Keisha Visaliany Wibowo.

4. Lomba Fashion Show

Tema yang diangkat dalam perlombaan ini adalah “Heaven Lights”. Oleh karena itu, kostum yang dikenakan haruslah rok ataupun gamis, bermodel mewah, dan berwarna cerah. Diperbolehkan bermake-up dan memakai aksesoris. Peserta yang mengikuti perlombaan ini.  Harus perempuan. Diperole hasil yaitu juara pertama Anggita Ayusyifa Putri dari kelas XI MIPA 3, juara 2 yaitu Flavia Yefta dari kelas X-1, juara 3 yaitu Meyla Risky Rahmawati dari kelas X-2, juara harapan 1 yaitu Anisa Bibit dari kelas XIMIPA 4, juara harapan 2 yaitu Ocha Wimala Sahda dari kelas XI IPS 1, dan juara 3 yaitu Putri Davina dari kelas XI MIPA 2. Lomba fashion show ini bisa dikatakan sebagai puncak dari Festival Seni Islam.


Karena lomba ini diselenggarakan di aula Sasana Serbaguna yang berada di SMAPA bagian barat pada. tanggal 21 Oktober. Dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur`an, lalu sambutan dari ketua panitia dan kepala sekolah, pelaksanaan final lomba kultum, dan barulah pelaksanaan lomba fashion show dimulai. Di akhir, sebelum pengumuman juara juga ada penampilan dari Hadroh Rohis SMAPA.

Event dianggap sebagai ajang siswa-siswi muslim untuk mengekspresikan kemampuan dirinya lewat menyampaikan kultum, membuat poster, melakukan fashion show, ataupun membaca Al-Qur`an dengan metode tartil. FSI merupakan salah satu program kerja dari organisasi Rohis SMAN 4 Kota Magelang. Program kerja ini termasuk event yang besar bagi Rohis SMAN 4 Kota Magelang. Untuk melakakan kembali event yang cukup besar ini setelah tertunda selama 2 tahun ini.

Memang agak sulit, dikarenakan bayangan untuk kegiatan tersebut selama 2 tahun terakhir tidak ada, yang mengharuskan panitia hanya membayangkan kegiatan FSI pada tahun sebelum 2020. Untuk kembali mengadakan FSI yang telah tertunda selama beberapa tahun ini memang agak sulit, karena mungkin agak kaget bagi panitia untuk mengadakan event yang cukup besar ini kembali. Beberapa dari panitia FSI tahun ini juga merasa kaget bahkan bingung, karena terbatasnya bayangan kegiatan tersebut. Untuk persiapan FSI ini para panitia harus banyak merevisi bagian bagian yang sekiranya kurang cocok tentunya setelah berdiskusi dengan pembina. Pada saat mempersiapkan tempat untuk FSI ini memang sangat melelahkan terlebih lagi pada saat mempersiapkan untuk hari Jumat di aula. Para panitia mempersiapkannya sampai malam. Meskipun melelahkan, mereka merasa senang karena kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Harapannya, acara FSI ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad, mempererat ukhuwah Islamiyah, juga menumbuhkan kreativitas siswa siswi SMAN 4 Magelang.Semoga kedepannya ada lebih banyak acara serupa yang juga bermanfaat bagi siswa-siswi SMAN 4 Magelang.

Galeri Foto
Perikanan SMAPA Panen Lele
Sampah adalah Harta yang Terpendam
Kerja Bakti Siswa SMAN 4 Magelang
Upacara Hari Kartini di SMAN 4 Magelang
Momen Serah Terima Jabatan OSIS
Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS
Dukungan Admin

Support Admin

SMAN 4 Magelang