SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

1001 Cerita Kartini, “Hanuladha Raden Ajeng Kartini Sesarengan Ambangun Negeri”

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, 0SIS SMAN 4 Magelang mengadakan acara Mas Mbak SMAPA 2024 dengan tema ‘Hanuladha Raden Ajeng Kartini Sesarengan Ambangun Negeri’. Acara ini bertujuan sebagai peringatan hari Kartini serta untuk mengembangkan bakat dan menambah pengalaman siswa-siswi SMA N 4 Magelang. Yang selanjutnya dapat diproyeksikan sebagai perwakilan sekolah dalam acara yang lebih besar ke depannya, seperti Duta Wisata. Acara Mas Mbak SMAPA tahun ini dibarengi dengan lomba masak dengan perwakilan masing-masing kelas.

Setiap kelas mengajukan dua orang perwakilan yang terdiri dari satu laki-laki sebagai peserta Mas SMAPA dan satu perwakilan perempuan sebagai peserta Mbak SMAPA. Masing-masing kelas juga mengajukan lima orang sebagai perwakilan kelasnya untuk mengikuti lomba memasak. Juga ada perlombaan best content setiap kelas, yang nantinya akan dipilih satu pemenang video terbaik.

Babak penyisihan Mas Mbak dilaksanakan pada Selasa, 23 April 2024 di ruang Audio Visual SMAN 4 Magelang. Dimana para peserta Mas Mbak akan menceritakan biografi tokoh emansipasi wanita Indonesia menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jawa. Dalam menyampaikan biografi, peserta menggunakan metode hafalan dengan durasi maksimal tiga menit. Kemudian peserta akan menjawab dua pertanyaan seputar emansipasi wanita, budaya, sosial, dan lingkungan yang diberikan oleh para juri. Akan dipilih enam peserta Mas dan enam peserta Mbak dengan skor tertinggi untuk lolos ke babak semifinal.

Tibalah puncak acara Mas Mbak SMAPA 2024 pada Rabu, 24 April 2024 sebagai babak semifinal sekaligus final yang dibarengi dengan lomba memasak. Puncak acara Mas Mbak SMAPA 2024 ini diselenggarakan di Aula SMAN 4 Magelang sedangkan perlombaan memasak diadakan tepat di samping aula.

Pada babak semifinal, peserta Mas Mbak SMAPA yang telah berhasil lolos dari babak penyisihan akan menampilkan fashion show. Kemudian para peserta akan mengunjukkan bakatnya dengan durasi maksimal sepuluh menit. Setelah itu, peserta akan menjawab satu pertanyaan yang dibacakan oleh MC seputar emansipasi wanita. Peserta Mas Mbak diberikan waktu tiga puluh detik untuk berpikir dan waktu untuk menjawab satu menit setiap soal.

Setelah melalui tahap semifinal, peserta Mas Mbak yang telah lolos ke babak final akan menyampaikan pidato dengan tema ‘Meneladani Kartini, Bersama Membangun Negeri’ menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jawa dengan durasi maksimal lima menit.

Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, kejuaraan Mas Mbak SMAPA 2024 pun akhirnya diumumkan. Berikut hasil perolehan juara Mas Mbak SMAPA 2024:

Juara 1 Mas SMAPA 2024 diraih oleh Muhammad Nadhif Alam kelas XI-4;

Juara 2 Mas SMAPA 2024 diraih oleh Brilian Ghani Nurhaimin kelas X-6;

Juara 3 Mas SMAPA 2024 diraih oleh Bintang Al Buchori kelas XI-2;

Juara harapan 1 Mas SMAPA 2024 diraih oleh Danish Mifzal Hanif kelas XI-6;

Juara harapan 2 Mas SMAPA 2024 diraih oleh Fajri Cahyo Kumara kelas X-7;

Juara harapan 3 Mas SMAPA 2024 diraih oleh Bima Arya kelas XI-1;

Juara 1 Mbak SMAPA 2024 diraih oleh Anaya Ghinansi Maheswari kelas XI-4;

Juara 2 Mbak SMAPA 2024 diraih oleh Abel Abista Mahgiyanto kelas X-2;

Juara 3 Mbak SMAPA 2024 diraih oleh Cheryl Athalia Nurdianto kelas XI-9;

Juara harapan 1 Mbak SMAPA 2024 diraih oleh Meydina Jasmine kelas XI-8;

Juara harapan 2 Mbak SMAPA 2024 diraih oleh Clairina Nadia kelas X-7;

dan juara harapan 3 Mbak SMAPA 2024 diraih oleh Nacha Mustika kelas X-4

Berikut hasil kejuaraan lomba memasak:
Juara 1  diraih oleh kelas X-9;
Juara 2 diraih oleh kelas XI-4;
dan juara 3 diraih oleh kelas XI-1

Adapun cabang best content dimenangkan oleh kelas XI-2.

SELAMAT KEPADA PARA PEMENANG.
TERUS BERPRESTASI DAN MENJADI BERMAKNA!