SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

Masa Orientasi Pramuka (MOP)

Penyematan lencana

Masa Orientasi Pramuka (MOP) berlangsung selama 2 hari, tepatnya pada tanggal 14-15 Juli 2022. Kegiatan hari pertama berjalan dengan lancar karena persiapan persiapan yang sudah di siapkan dengan baik dari kemarin. Seluruh persiapan sudah dibantu oleh para pengurus Dewan Ambalan Abikarya (Bantara) mulai dari latihan upacara, persiapan properti hingga materi dan game.

Sebelumnya sudah di sampaikan mengenai kegiatan MOP ke adik-adik kelas 10 melalui walikelas masing-masing sehingga informasi bisa tersalurkan dengan baik termasuk apa yang harus dibawa perlengkapan apa saja oleh Bantara. Dilanjut dengan kegiatan yang dibuka oleh ibu kepala SMAN 4 Kota Magelang, ibu dra Srinarti, M.Pd. dan presensi oleh dewan ambalan untuk setiap kelasnya. Adapun untuk pusat kegiatan kita pusatkan di aula panembahan senopati yang dirasa representatif untuk menyampaikan materi materi tentang kepramukaan maupun pengenalan struktur dewan kerja Ambalan Abikarya dan beberapa program kerja yang ada di SMAN 4 Magelang.
“Yang berbeda MOP taun ini dengan MOP tahun lalu alhamdulillah sudah melaksanakan full offline, tatap muka dan ada satu tambahan materi ntuk MOP taun ini melalui pembinaan karakter iman dan taqwa yang di ampu oleh guru agama masing masing.” ungkap Mahatma Rangga Gandhi salah satu Pradana Bantara.
Seperti yang kita ketahui jumlah peserta didik baru sekarang adalah 199 putri dan 125 putra. Memasuki jam ishoma kegiatan peserta muslim diarahkan untuk sholat dzuhur berjamaah di masjid al ikhlas smapa. Tidak hanya itu siswa-siswi nonmuslim seperti katolik, kristen dan lainnya tentunya sudah di ampu oleh guru masing-masing, yaitu agama katolik akan di ampu langsung oleh bu Herni Sukowati dan yang kristen oleh bu Sri Purwanti adapun bagi yang islam akan di ampu oleh Bu siti Alwiyah, Pak Aqwam dan Pak arif.
Setelah Bina Iman dan taqwa dilanjutkan dengan kembali ke masing masing kelas untuk pembekalan sekaligus persiapan pentas seni yang rencananya puncak MOP pada haru Jumat. Rencananya akan menampilkan pentas seni kesenian atau kreatifitas dari masing masing kelas.
Sedangkan kostum hari Jumat jelas berbeda dengan kostum hari ini, lebih spesial untuk pensi. Jika hari ini full pramuka lengkap, pada hari jumat adik-adik di seragamkan dengan dresscode atasan bernuansa hitam, entah lengan pendek atau panjang akan tetapi bawahan tetap menggunakan pramuka agar tetap ada identitas pramuka.
Pensi itu sebagai puncak dan hiburan bahwa pramuka tidak hanya tentang materi atau hanya kegiatan yang sepenuhnya serius, “Pramuka itu engga se kaku itu, tapi juga ada sarana rekreasi sekaligus hiburan lain.” ungkap Shafira Rahmawati salah seorang Pradani Bantara.
“Hari ini seneng banget karena kakak bantara bisa dengan cepat mengatasi kejenuhan dengan mengisi acara acara, ice breaking gitu. Mereka tu orangnya bikin Fun gitu lho jadi yang aslinya kita jenuh bisa mengembalikan suasana seperti awal lagi” Amalia lovina X-1.

Dengan adanya kegiatan ini harapannya adik adik bisa mengikuti pramuka rutin dengan rajin dengan baik dan pada puncaknya pada akhir taun besok akan mengikuti kegiatan Prakta (Perkemahan Akhir Tahun) dan nengikuti dengan baik.

Belajar SKS di SMA 1 Kudus

Menyongsong tahun ajaran baru 2016/2017 dan dilaksanakannya kurikulum 2013 untuk kelas X, SMA Negeri 4 Magelang melaksanakan studi banding tentang

Read More »