SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

SMAN 4 MAGELANG SEMANGAT MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN BERSAMA USTADZ WAHYONO

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang istimewa bagi umat muslim. Pada bulan Maret 2024 umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Umat muslim tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, namun lebih dari itu. Kesabaran yang dimaksud adalah sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menghadapi musibah dari Allah, dan sabar dalam menjauhi kemaksiatan.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, SMAN 4 Magelang mengadakan pengajian bersama ustadz wahyono pada Jum’at, 1 Maret 2024. Bertempat di gedung Panembahan Senopati. Kegiatan tarhib ramadhan adalah kolaborasi OSIS dan ROHIS SMAN 4 Magelang yang diikuti seluruh warga sekolah yang beragama Islam. Walaupun dengan waktu persiapan yang sangat terbatas, panitia berusaha memberikan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Tarhib ramadhan tahun ini mengusung tema “Puasa Untuk Perisai Diri, Lakukan Sebagai Muslim Sejati”. Tema tersebut diusung karena banyak anak muda yang melakukan puasa hanya untuk menggugurkan kewajiban tanpa mereka ketahui manfaat yang bisa didapat.

Kegiatan tersebut diadakan sejak pagi pukul 07.40 yang dibuka oleh MC. Sambutan disampaikan oleh plt Bapak Rohmad Chozin, M.ag. Kemudian ada juga lantunan ayat suci Al Qur’an oleh Fadhlyn Fatkhia Kamila. Memasuki acara inti oleh pemateri Ustadz Wahyono, S.pd I.

Ustadz Wahyono memberikan ceramah dengan menyenangkan dan menarik. Di sela sela materi diberi lelucon dan berinteraksi dengan para siswa, sehingga menghilangkan rasa bosan dan kantuk. Dengan menceritakan kisah sahabat nabi juga memberikan motivasi pada para siswa untuk semakin tekun dalam beribadah. Salah satu cerita nya adalah kisah abu Hurairah yang sedang menjaga tempat persediaan makanan namun terjadi pencurian yang ternyata pencurinya adalah iblis sebab abu Hurairah tidak membaca Al Qur’an pada malam hari.

Ustadz Wahyono juga menyebutkan ciri orang yang dirindukan surga, yang pertama adalah orang yang rajin membaca Al Qur’an. Kedua, orang yang bisa menjaga lisannya. Ketiga, orang yang mau berbagi atau memberi. Keempat, orang yang mau berpuasa di bulan Ramadhan.

Diceritakan ustadz Wahyono bahwa ada penelitian kepada 3 monyet. Monyet pertama diberi makan terus menerus, monyet kedua diberi makan 3 kali sehari, dan monyet ketiga diberi makan 2 kali layaknya orang berpuasa. Hasilnya monyet pertama mati terlebih dahulu, monyet kedua mati juga namun lebih lama, dan monyet ketiga mati namun yang paling lama. Ketiga monyet tersebut dibedah, pada monyet pertama ditemukan banyak penyakit, pada monyet kedua ditemukan beberapa penyakit, namun pada monyet ketiga tidak ditemukan penyakit apa pun. Itulah gambaran dahsyatnya berpuasa untuk menjaga kesehatan.

Diharapkan bagi para siswa dapat mengerti manfaat berpuasa dan bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini. Acara terakhir adalah berdoa bersama untuk kelancaran lomba paskhas dan PTS yang akan dijalani siswa/i kelas X dan XI.

NOBAR Jendral Soedirman

Magelang (18/9), untuk menumbuhkan dan membangkitkan semangat nasionalisme, SMAN 4 Magelang pada hari kamis 17 September 2015 mengadakan kegiatan Nonton

Read More »