SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

Pelantikan Bantara 37 Negeri 4 Kota Magelang

SMAN 4 Kota Magelang menyelenggarakan pelantikan bagi Calon Bantara angkatan 37 pada tanggal 6 sampai 7 Desember 2023. Tujuan pelantikan adalah untuk mengesahkan para anggota Calon Bantara angkatan 37 menjadi anggota Bantara angkatan 37. Serangkaian acara dilakukan guna mencapai penguatan mental, spiritual, dan emosional tiap-tiap anggota. Acara diikuti oleh para pembina, Laksana 1, Bantara 36, dan juga Calon Bantara 37. 

Pada hari pertama pelantikan diawali dengan upacara pembukaan yang dibina oleh Kak Arif. Kemudian susunan acara dilanjut dengan persiapan dan pemberian materi. Totalnya, terdapat lima sesi pemberian materi dengan pembicara yang berbeda-beda. Pemateri pertama merupakan Kak Mulyono, disusul dengan Kak Haryani sebagai pemateri kedua, Kak Ben sebagai pemateri ketiga, dan Kak Alwiyah serta BPH DA Abikarya selaku pemateri empat dan lima. Ilmu dan materi yang diberikan tentunya beragam, pasalnya saja, di sini kita membahas mengenai jiwa kepemimpinan, tata cara membuat proposal, pengajaran yang efektif, serta tidak lupa mengenai rasa percaya diri yang wajib dimiliki oleh para Calon Bantara 37 untuk sekarang dan masa yang akan datang. 

Selain pemberian materi dari para narasumber, rangkain acara lainnya yang sudah dirancang oleh panitia yakni peraturan baris berbaris, atau yang kerap disebut dengan PBB. Para Calon Bantara 37 semuanya secara mutlak tanpa terkecuali wajib memahami mengenai dasar dari PBB. Setelah baris berbaris, para partisipan acara juga disediakan waktu untuk MCK, mandi cuci kakus untuk membersihkan diri dari keringat dan rasa lelah. Badan sudah bersih dan pikiran sudah lebih fresh. Selanjutnya terdapat acara makan besar, dimana seluruh partisipan beristirahat untuk menikmati makan malam mereka. Saat semua rasa lapar sudah terpenuhi dan malam hari sudah tiba, para Calon Bantara harus melewati satu rangkaian sesi acara terakhir sebelum tidur, yaitu sesi ABK. Kemudian, tepatnya pukul 22.00, tiba waktunya untuk istirahat malam agar dapat mengumpulkan energi di hari selanjutnya. Seluruh partisipan dalam acara ini beristirahat di bagian barat SMAN 4 Magelang hingga fajar tiba. 

Hari selanjutnya diawali dengan para partisipan menjalani sholat subuh bersama, MCK kembali supaya badan lebih segar dan siap mengikuti serangkaian acara hari kedua ini, dan disusul persiapan upacara pelantikan. Upacara pelantikan diselenggarakan pada pukul 07.00-selesai di lapangan timur SMAN 4 Kota Magelang, dengan pembina upacaranya yaitu Kak Arif. Setelah selesai melakukan upacara pelantikan, para partisipan makan pagi bersama, serta ditutup dengan ramah tamah dan sapu jagad. Ramah tamah adalah tradisi milik Bantara yang dapat menyatukan tiga angkatan sekaligus, di sini tiga angkatan Bantara melakukan kegiatan siraman dan pemecahan kendi. Tradisi inilah yang menjadi sahnya pelantikan. Sedangkan sapu jagad yaitu kegiatan bersih-bersih lingkungan di mana diselenggarakannya acara pelantikan.


Dari acara-acara yang sangat padat dan menyenangkan tersebut, para partisipan mengungkapkan kesan pesannya sebagai berikut. “Ikut kegiatan ini seru, capek, ada takut-takutnya. Harapannya semoga CABA (Calon Bantara) tahun depan bisa lebih baik daripada tahun ini,” ungkap Putra Bagus Pamungkas selaku Ketua Angkatan Sementara Putra Calon Bantara 37. Disusul dengan kesan pesan dari Adelia Ikhda Rif’aini selaku Ketua Angkatan Sementara Putri Calon Bantara 37, “Kegiatan pelantikan ini asik, takut, menegangkan, banyak trust issue-nya. Tapi, terima kasih untuk kakak-kakak yang sudah menyelenggarakan acara ini, dan juga semoga CABA (Calon Bantara) 37 yang sekarang resmi menjadi Bantara 37 dapat lebih baik kedepannya.”

Kegiatan Rohani di SMAPA

Untuk meningkatkan proses internalisasi nilai-nilai spiritual, ROHIS SMA N 4 Magelang mengadakan kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) di

Read More »