SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

Latihan Dasar Kepemimpinan ROHIS

Pada tanggal 8-9 September 2023, Gerakan Rohis SMAPA (GPRS) mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Rohis (LDKR) yang diikuti oleh seluruh anggota GPRS, mulai dari kelas X hingga kelas XII. Kegiatan ini dimulai setelah registrasi siswa dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC.

Kegiatan LDKR, dilaksanakan di lingkungan SMAN 4 MAGELANG. Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan di aula. Peserta diberikan materi oleh pemateri dari luar maupun dari guru dan karyawan yang ada di SMAN 4 MAGELANG.

Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari yang berhubungan dengan akidah dan akhlak, hingga kesekretariatan dalam organisasi.

Setelah hari beranjak sore, peserta pindah dari Aula ke ruangan tidur masing-masing untuk menyiapkan tempat untuk tidur dan beristirahat sebentar sebelum kemudian dilanjutkan dengan materi yang diisi oleh Ust. Maulana Choirul Aziz, S.Pd.I. atau lebih dikenal dengan sebutan akrabnya, Ustadz Choi. Meski peserta kelelahan, tetapi mereka tetap bersemangat dalam mengikuti materi malam. Banyak peserta yang berani maju ke depan untuk mengemukakan pendapatnya dan juga bertanya pada saat sesi tanya jawab dan pertanyaan.

Peserta pun dipersilahkan untuk istirahat setelah materi malam selesai. Kemudian di pagi harinya, peserta melaksanakan qiyamullail (shalat malam) dan shalat subuh. Baru setelah itu dilaksanan jalan santai dan senam pagi di lapangan timur SMAN 4 MAGELANG yang membuat peserta merasa lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, ada juga Outbound yang membuat peserta merasa bersemangat.

Di hari kedua ini, peserta mempererat hubungan antar peserta GPRS, terlebih dengan adanya anggota baru yaitu kelas X. Tidak ada senioritas yang terlihat, semuanya bermain bersama dan tetap saling menghormati. Terlebih lagi Outbound merupakan permainan berkelompok seperti game pesan berantai, bentengan dan teka-teki yang membutuhkan kerja sama membuat hubungan peserta semakin dekat.

Dalam game teka-teki ini perkelompok membawa kertas berwarna, yang dikumpulkan semalam sebelum Outbound. Lalu, kertas akan dibagi menjadi 4 bagian oleh panitia. Saat Outbound tersebut, peserta harus menemukan potongan kertas yang telah dipotong berdasarkan clue. Peserta juga boleh menyembunyikan kertas kelompok lain, namun tetap menggunakan clue baru di tempat saat peserta menemukan kertas kelompok lain. Setelah Outbound selesai, peserta kembali ke ruangan masing-masing untuk membereskan barang dan sarapan bersama, sebelum pergi ke Aula untuk penutupan.

Kegiatan penutupan diawali dengan materi singkat dari Bapak Singgih Harjanto. Materi ini memberi kita hikmah dari ujian yang diberikan Allah SWT dan usaha yang kita lakukan tidak akan menghianati hasil. Kemudian dilanjutkan dengan pesan dan kesan, pembagian hadiah dan doa penutup oleh Bapak Arif selaku pembina dari organisasi ROHIS.

 “Sangat menyenangkan, saya mendapat banyak pengalaman dan saya beraharap kita semua GPRS 16/17 dapat bekerjasama dengan baik dan lebih meningkatkan dari angkatan sebelumnya.” Ucap Aditama selaku peserta LDKR.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan LDKR, para anggota GPRS dapat menjadi pelopor penggerak dakwah di SMAN 4 Magelang, dan menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

MPLS 2022

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan selama 3 hari, hari pertama (18, juli 2022) dibuka dengan pelaksaan upacara bendera pada

Read More »