SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

PENDIKAR

Pada tanggal 23 s.d. 24 Oktober tahun 2023, siswa dan  siswi kelas 10 SMAN 4 KOTA MAGELANG melaksanakan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dalam rangka menumbuhkan dan membentuk kepribadian para siswa dan  siswi kelas 10. 

Kegiatan dalam pendidikan karakter ini meliputi materi kepemimpinan dan pengetahuan dasar bela negara, outbound, pelatihan baris berbaris, dan juga pelatihan tata upacara sekolah. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. 

Hari pertama pada kegiatan tersebut,  peserta datang ke lapangan upacara untuk melaksanakan apel pagi, kemudian dilanjutkan dengan yel-yel dan pelatihan baris berbaris. Materi yang diberikan berupa pengetahuan dasar bela negara. Di hari kedua, kegiatan yang dilaksanakan adalah outbond, materi, dan tata upacara sekolah.  

Pada kegiatan outbond, peserta akan diberikan selembar kertas yang berisikan instruksi yang cukup menarik, dimana peserta harus berlari mengitari lapangan, bernyanyi, bahkan meletakkan salah satu sepatunya di tengah lapangan. Kemudian instruksi terakhir benar-benar membuat peserta geleng-geleng kepala. Ternyata, semua instruksi tersebut tidak perlu dilakukan. Game yang satu ini mengajarkan kita untuk selalu memahami dan mengikuti instruksi.

“Disini saya mendapatkan banyak pelajaran, bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik, sifat-sifatnya bagaimana, dan menurut saya,  kegiatan yang paling berkesan itu kegiatan PBB tadi karena cukup menguras energi juga,” ujar Satria selaku peserta pendidikan karakter.

Melalui pendidikan karakter selama 2 hari ini, sudah tampak sedikit perubahan dalam sikap dan perilaku para peserta. Perilakunya menjadi lebih baik. Meski tidak secara langsung berubah 180° dari perilaku awal, tetapi sudah ada perubahan yang dapat terlihat. Hal ini juga dapat dilihat dari para siswa siswi kelas 11 dan 12 yang pada kelas 10 juga mengikuti kegiatan pendidikan karakter ini. Mereka memiliki sopan santun yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Para guru berpendapat bahwa hal yang perlu diubah dari para siswa dan siswi ialah sikap dan perilakunya, dari yang semula tidak terpuji menjadi terpuji, yang tidak disiplin menjadi disiplin, dan dari yang tadinya tidak rapi menjadi lebih rapi, pada intinya berubah menjadi lebih baik lagi.

Harapannya, dengan adanya kegiatan pendidikan karakter ini, siswa dan siswi menjadi lebih baik lagi, baik dalam berperilaku maupun cara berpikir dalam menyelesaikan masalah.

Simulasi II UNBK

Simulasi II  diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada tangal 13 dan 14 Maret 2017. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa

Read More »