SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

Melatih Kedisiplinan dengan PERJUMSA

PERJUMSA atau Perkemahan Jumat-Sabtu adalah salah satu program kerja turun-temurun yang diselenggarakan oleh Bantara. Meskipun acara ini dilaksanakan satu tahun sekali, PERJUMSA tentunya memiliki keunikan dan ciri khas pada tiap-tiap tahunnya. Untuk tahun ajaran 2023/2024 ini, BHAVANA LENTERA diangkat sebagai temanya. Bhavana memiliki arti pengetahuan atau keterampilan, sedangkan lentera sendiri bermakna suatu cahaya. Dengan ini, Perkemahan Jumat-Sabtu diharapkan dapat menjadi lentera atau cahaya bagi pramuka Indonesia, terkhususnya bagi Pramuka SMA Negeri 4 Kota Magelang.

Tema Perkemahan Jumat Sabtu tanggal 1 s.d 2 September 2023

PERJUMSA sendiri bertujuan sebagai sarana transisi siswa-siswi kelas 10 dari pramuka penggalang ke penegak yang kemudian secara resmi akan menjadi bagian dari pangkalan SMA N 4 Kota Magelang, yaitu ABIKARYA. Selain itu, PERJUMSA juga dapat digunakan sebagai wadah bagi siswa-siswi kelas 10 untuk menerapkan nilai-nilai dari Dasa Dharma dan juga meningkatkan solidaritas antar anggota pramuka pelaksana PERJUMSA itu sendiri.

Penyematan tanda peserta oleh Ibu Kepala Sekolah

Acara yang diselenggarakan pada hari Jumat (01/09/2023) hingga Sabtu (02/09/2023) ini sebagian besar dilaksanakan di lapangan timur SMA Negeri 4 Kota Magelang. Baik dalam pelaksanaan upacara, game lapangan, maupun tempat didirikannya tenda milik sangga putra kelas 10 juga tenda dari Caba (Calon Bantara) putra dan putri. Namun dikarenakan ruang di lapangan yang kurang memadai bagi seluruh sangga untuk membangun tendanya masing-masing, sangga pramuka penegak putri pun ditempatkan di ruang-ruang kelas yang terletak di gedung barat SMA Negeri 4 Kota Magelang. Meskipun terdapat keterbatasan tempat, adik-adik kelas 10 tetap bersemangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah dipersiapkan oleh para panitia.

Hal tersebut dapat dilihat dari keantusiasan penegak putri dalam mengikuti lomba masak yang dilaksanakan sehabis upacara pembukaan. Kesengitan lomba memasak yang bertempat di depan ruang-ruang kelas 10 ini dapat dirasakan dari aroma masakan yang disebarkan tiap-tiap sangga di lorong kelas. Di sisi lain, penegak putra sedang sibuk mendirikan tenda-tenda yang nantinya akan digunakan sebagai tempat beristirahat dan meletakkan barang-barang. Lomba memasak para penegak putra sendiri dilaksanakan selepas ISHOMA.

Foto bersama pada sesi lomba memasak dengan Kakak Pembina

Kegiatan di hari pertama ini dilanjutkan dengan kemeriahan pelaksanaan game lapangan yang bertujuan untuk melatih kekompakan antar anggota penegak. Game yang dilombakan berupa tarik tambang dan estafet air. Adik-adik penegak mengikuti lomba yang diselenggarakan dengan antusias. Game lapangan ini dilaksanakan sejak siang hingga sore sebelum istirahat menjelang maghrib.

Lomba tarik tambang pada sesi game lapangan

Membicarakan tentang perkemahan, tentunya kita tidak bisa lepas dari ciri khas dari perkemahan yang selalu dinantikan, yaitu api unggun. Dalam pelaksanaannya, acara penyulutan api unggun kemudian diteruskan dengan penampilan pentas seni yang telah disiapkan oleh masing-masing kelas. Hari pertama PERJUMSA ini pun ditutup dengan renungan malam sebelum penegak putra dan putri dapat melepas penat dan beristirahat.

Penyulutan api unggun

Pelaksanaan PERJUMSA hari kedua dibuka dengan persiapan bagi para adik-adik penggalang. Waktu persiapan ini dapat digunakan untuk beribadah, mandi ataupun memasak makanan untuk sarapan. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan wide game.

Bila game yang dilaksanakan pada hari pertama bertujuan bagi para anggota pramuka untuk melatih kekompakan dengan teman sekelasnya, wide game ini sendiri bermanfaat sebagai tempat bagi anggota untuk meningkatkan kekompakan dengan teman satu sangga mereka. Wide game dilaksanakan di area luar sekolah, di mana tiap-tiap sangga diharapkan agar bisa menyelesaikan misi yang sudah dipersiapkan di setiap pos yang ada.

Pelaksanaan wide game

Sesudah berakhirnya pelaksanaan wide game, adik-adik penegak kemudian kembali ke sekolah untuk bersiap-siap membongkar tenda dan merapikan barang-barang bawaan sebelum acara perkemahan diakhiri dengan upacara penutup. Selain diisi dengan pelantikan resmi adik-adik kelas 10 menjadi anggota ABIKARYA, pemenang tiap-tiap lomba juga diumumkan pada upacara penutup ini.

Pelantikan adik-adik kelas 10 menjadi anggota ABIKARYA

Lomba masak yang dilaksanakan pada hari pertama dimenangkan oleh Sangga Nusa Indah dan Sangga Kenanga. Untuk game lapangan sendiri, lomba tarik tambang dimenangkan oleh Kelas X-6, baik perwakilan putra maupun putri. Sedangkan lomba estafet air dimenangkan oleh perwakilan siswa putra dari Kelas X-4. Pentas seni yang ditampilkan saat api unggun pun juga dilombakan dan penampilan dari Calon Bantara 2023/2024 dipilih menjadi pemenangnya karena penampilan mereka yang berhasil memukau para penonton. Lomba yang terakhir diumumkan adalah lomba sangga tergiat yang dimenangkan oleh Sangga Kenanga dari caba putri dan Sangga Jaguar dari Kelas X-8.

Kelancaran pelaksanaan Perkemahan Jumat-Sabtu oleh pangkalan pramuka SMA Negeri 4 Kota Magelang ini tentunya tidak terlepas dari jasa kakak pembina, anggota pengurus Bantara, juga para panitia. Di samping keseruan dalam mempersiapkan acara PERJUMSA itu sendiri, para panitia juga mengalami beberapa kesulitan dalam menyelesaikan persiapan acara tersebut agar dapat selesai sesuai dengan tenggat waktunya.

Andrean Ferdiano selaku sekretaris dari PERJUMSA juga mengungkapkan, “Sebagai sekretaris, kesulitan yang aku hadapi sewaktu mempersiapkan PERJUMSA ini utamanya ada di keharusan buat terus-terusan merevisi ulang banyak surat yang sudah dibuat.”