SMAN 4 MAGELANG

berprestasi, berkarakter, & berbudaya

Pesantren Ramadhan 1445 H, “Mystical Moonlight : Discovering Inner Light in Ramadhan”

Kegiatan pesantren kilat sering diadakan sekolah dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dengan memperbanyak amal ibadah dan diharapkan dapat menambah wawasan agama Islam peserta didik. Hal ini juga dilakukan oleh ROHIS SMAN 4 MAGELANG yang terlaksana pada tanggal 2, 4, dan 5 April 2024. Berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, pesantren Ramadhan 1445 H ada kegiatan bermalam yaitu pada tanggal 4 – 5 April 2024. Kegiatan ini wajib diikuti oleh peserta didik kelas X. Tema yang diusung “Mystical Moonlight : Discovering Inner Light in Ramadhan”.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Wakil Kepala Sekolah oleh Bpk Hidayat Fatoni, S.Pd dan sambutan ketua panitia oleh Ahsan Fatih Kurniawan. Selama tiga hari tersebut diisi dengan kegiatan seru untuk menjadikan ajang dakwah dan menghilangkan rasa bosan. Beberapa kegiatan diantaranya kajian, shalat dhuha, hafalan surat pendek, praktek wudhu dan shalat, tadarus Al-Qur’an, berbuka dan sahur bersama, tarawih, serta jalan santai. Kegiatan ini mengundang pembicara dari dalam dan luar sekolah yakni guru agama, dosen UNIMMA, serta ustadz dan ustadzah. Di setiap akhir kajian, peserta diperbolehkan bertanya kepada pembicara sehingga dapat dipastikan pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

“Kita membangun kebersamaan dari buka bersama dan sahur bersama yang dimana bisa mempererat kembali pertemanan dan tali persaudaraan” ucap Ghifary Muhammad Al Imanulhaq selaku ketua ROHIS SMAN 4 MAGELANG. Peserta juga mengakui kegiatan menginap ini bisa mendekatkan mereka dan lebih mengenal teman temannya dengan saling berbagi cerita ketika berbuka, sahur, atau berkumpul di ruang tidur.

Pada Jumat, 5 April 2024 pagi sebelum mengakhiri kegiatan pesantren Ramadhan 1445 H, seluruh peserta melaksanakan jalan santai yang didampingi oleh panitia. Walaupun sedang berpuasa peserta tetap terlihat bersemangat menikmati suasana pagi bersama teman temannya. Puasa bukan alasan untuk bisa bermalas-malasan, maka dari itu peserta diajarkan untuk tetap produktif salah satunya dengan olahraga kecil di pagi hari untuk tetap menjaga kesehatan tubuh mereka.

Kegiatan pesantren Ramadhan 1445 H ditutup dengan bersalam – salaman dengan bapak dan ibu guru, panitia ROHIS, serta para peserta untuk saling memaafkan kesalahan yang lalu. Untuk mengabadikan momen ini diadakan sesi foto bersama peserta, wali kelas, dan panitia penanggung jawab kelas.

Alhamdulilah semua kegiatan berjalan dengan lancar. Walaupun ada rasa lelah karena dijalani ketika berpuasa, tetapi terasa sangat menyenangkan karena dijalani bersama dengan teman – teman. Setelah kegiatan ini diharapkan peserta dapat menjadi remaja yang beraqidah dan berakhlak, selalu mengingat Allah SWT, dan dekat dengan Al-Qur’an.

INFO PPDB GELOMBANG 2

Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru  TA 2016/2017 Gelombang 2 Pelaksanaan : Senin 19 Juni 2017 (10.00 -15.00) & Selasa, 20

Read More »

CENTURION OF SMAPA

Centurion of Smapa menjadi salah satu ajang unjuk bakat setelah sekian lama pandemi. Bertepatan pada hari Jumat, 10 Juni 2022

Read More »